TPS Menghadapi Musim Bediding!!!

Saat pergantian musim hujan dan musim kemarau yang diawali dengan musim bediding (udara kering yang dingin ) angin yang bertiup kencang, hari-hari memendek dan udara bertambah dingin kesehatan tubuh pun dapat mengalami pasang-surut. Kita semua pasti ingin agar sebisa mungkin sehat sepanjang musim dingin. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu perhatikan agar “lolos dengan selamat” pada cuaca baru mendatang ini.

Siapkan daya tubuh yang baik

Jalani pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung zat gizi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral sesuai dengan status kesehatan. Mengkonsumsi vitamin C dan Vitamin B kompleks.
Jaga kesehatan dengan cukup tidur (6-8 jam) dan gunakan selimut pada waktu tidur.
Biasakan minum air hangat karena minuman dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh kita saat itu juga.
Hindari tubuh dari kehujanan secara langsung dan terpaan udara dingin.
Hindari stres.
Ada baiknya agar para lansia mendapat flu jab sesegera mungkin sebelum memasuki musim dingin, yaitu di bulan Oktober atau November karena flu rentan menyerang saat musim dingin tiba hingga batas awal musim semi.

Perawatan tubuh selama musim dingin

Minum air putih minimal delapan gelas perhari meski tidak haus. Jangan takut sering buang air kecil, itu normal akibat pengaruh udara dingin.
Penggunaan aneka rempah biji dan daun dalam minuman dan masakan juga bisa membantu karena sifatnya yang menghangatkan.
Udara yang terasa kering di musim dingin membuat kulit menjadi kering. Sebagai pencegahnya:
Pemakaian krim pelembab.
Mandi tidak terlalu sering (cukup 1 kali sehari) serta jangan menggunakan air yang terlalu panas.
Menggunakan pelembab bibir (lypgloss).
Kurangi penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut agar tidak kering dan pecah-pecah pada ujung rambut.
Bagi yang mempunyai penyakit jantung, kencing manis, asma dan arthritis harus berobat dan mengikuti anjuran dokter agar penyakit terkontrol.
Rutin berolahraga sesuai kemampuan fisik walau sekadar berjalan kaki. Bagi yang bertubuh sehat, cobalah untuk berjalan kaki 10-15 menit meski udara di siang hari dingin. Selain badan bugar karena bergerak, paparan sinar matahari menambah sel darah putih terutama limfosit yang fungsinya untuk menyerang penyakit.
Ada kecenderungan meningkatkan intensitas merokok saat udara dingin. Bagaimana pun rokok tetap tidak baik untuk kesehatan. Menghangatkan tubuh dengan rokok merupakan cara yang tidak tepat.

Siapkan perlengkapan pakaian untuk musim dingin

Siapkan serangkaian pakaian yang dapat menutupi badan dengan baik. Baju thermal, sweater, jaket, mantel, syal, sarung tangan, beanies hat, kaos kaki hangat dan sepatu boots penggunaannya sesuai dengan kebutuhan mempertahankan panas tubuh kita, yaitu sebanding dengan derajat dinginnya udara dan kemampuan tubuh menghadapi dingin. Semakin dingin semakin tebal dan semakin lengkap perlengkapan yang digunakan.
Gunakan hot packs bila udara terlalu dingin untuk tangan atau penderita arthritis. Ada juga hot packs yang untuk digunakan di dalam sepatu.

Jangan bermalas-malasan. Tetaplah beraktivitas seperti biasa karena bermalas-malasan akan menambah rasa dingin.

Perhatikan sirkulasi udara, pencahayaan, temperatur dan kelembaban ruangan.

Meski di luar udara sangat dingin sirkulasi udara tetap harus terjadi. Buka jendela secara berkala walau hanya sebentar, kira-kira cukup untuk pergantian udara.
Buka tirai jendela pada siang hari. Sinar matahari dapat membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Bakteri di udara dibinasakan dalam waktu 10 menit oleh sinar matahari.
Gunakan pemanas ruangan, karpet listrik bila suhu ruangan dingin,(yen duwe !!)sesuai dengan ketahanan tubuh kita terhadap dingin.
Monitor cuaca setiap hari agar dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Perbanyak munajat kepada Allah agar diberi anugrah kesehatan dan keselamatan selama musim dingin.

0 Response to "TPS Menghadapi Musim Bediding!!!"